Cara Mencegah Virus Ransomeware WannaCry

Sejak akhir pekan lalu dunia dihebohkan dengan adanya virus komputer jenis baru , bagaimana tidak heboh virus ini menyerang bergabagai sistem vital dihampir seluruh dunia , termasuk Indonesia.

Virus yang dikenal dengan nama Ransomeware WannaCry ini adalah sejenis malware yang menginfeksi korbannya dengan cara mengenkripsi seluruh file korbannya , dan  meminta tebusan sebesar 300 dolar bitcoin jika ingin file yang terkena enkripsi dikembalikan.

Hampir dipastikan jika kita sudah terkena virus ini maka file kita yang terenkripsi tidak bisa selamat , kecuali satu hal . kita punya file backup.
Lalu bagaimana cara mencegah virus ini ?


 Kemenkoinfo semenjak hari minggu sudah cepat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahanyanya virus ini , berikut sedikit tips untuk mencegah virus ransomeware wannacry ini jangan menginfeksi salah satu device kita.

  • Jangan Gunakan Windows Bajakan

Jika kita adalah salah satu pengguna windows bajakan dengan mobilitas tinggi didunia maya, maka mulai saat ini kita harus mulai berfikir untuk mulai membeli lisensi atau mulai berpindah ke Operating System berbasis Open Source seperli LINUX atau UNIX. Karena windows bajakan sangat rentan terkena berbagai jenis virus yang disebabkan banayk sekali bug-bug dari system OS bajakan

  • Update Windows

Update windows ada secara rutin maka akan meningkatkan keamanan pada PC/Laptop anda , kenapa ? karena Microsoft selalu memperbaharui dan meningkatkan scurity windows melalui update-update uang diberikan. Selain itu juga update windows anda akan membuat bug-bug program atau cela – cela program windows yang bisa disusupi virus dihilangkan.

Untuk mencegah virus Ransomeware WannaCry ini secara spesifik kemenkoinfo menyarankan kita untuk bisa update MS017-010 https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx


Silahkan aktifkan update secara otomatis via pengaturan pada Settingan Windows Update di Control Panel , tinggal ceklist saja kok..

  • Update Anti Virus
Sekarang jawab masing – masing , apakah anti virus anda diupdate ? jika belum silahkan update terlebih dahulu karena Anti Virus terbaru kan sangat membantu anda mencegah Virus menginfeksi Gadget anda


  • Jangan membuka website – website yang mencurigakan seperti website perjudian

  • Hati – hati dalam membuka mail , jika mendapat email yang sekiranya mencurigakan langsung saja laporkan spam atau delete
Virus Ransomeware WannaCry ini sudah menginfeksi lebih dari 5 negara dalam waktu hanya 2 hari termasuk Indonesia , dan sampai saat ini beberapa pakar IT masih mencari cara untuk menangkal Virus Malware ini agar tidak lagi terus menyebar. Meskipun sudah hampir 90% sistem yang terinfeksi sudah dipulihkan kembali tapi penyebaran virus ini masih saja berlangsung sampai saat ini.

So...be carefull






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »